Goresan Pena Ayu

Sederhana, (Mencoba) Mengena dan Bermakna

Kemarin Kita Belajar Desember 31, 2014

Filed under: catatan harian,Hikmah — ayunp @ 11:46 am
Tags: ,

Kemarin kita belajar

bahwa makan  bukan aktivitas biasa

ada ibadah di dalamnya

ada pengenalan terhadap kuasaNya dan kasih sayangNya

yang harus selalu kita ingat

makan itu untuk hidup

bukan hidup untuk makan

Kemarin kita belajar

untuk menghasilkan sebuah karya

butuh koordinasi dan kerja sama

rela berbagi tugas

sesuai kemampuan yang ada

1419952386560

Kemarin kita belajar

kalau menginginkan sesuatu

tak cukup hanya berkata dan berkhayal

harus bergerak

melakukan yang kita mau

selama kita bisa

Kemarin kita belajar

bagaimana caranya

menolak cinta yang tak perlu

melupakan cinta yang sudah lewat

Kemarin kita belajar

Sekarang kita terus belajar

Nanti kita tetap belajar

Tak boleh berhenti

sampai akhir usia

1419952399611

 

Bukan… Desember 25, 2014

Filed under: catatan harian,Hikmah — ayunp @ 2:55 pm
Tags: ,

Bukan dijebak

tapi dikenalkan perlahan

pada medan yang lebih luas

pada amal yang lebih beragam

Bukan ditipu

tapi dikenalkan bertahap

agar mengerti

agar tidak kaget

Bukan dikendalikan

tapi diarahkan

agar mengerti

harus jalan ke mana

harus bagaimana melangkah

Bukan dikekang

tapi ditunjukkan

mana yang benar

mana yang salah

Bukan diasingkan

tapi dikondisikan

sebelum dikeluarkan

di segala medan perjuangan

 

Kandungan Surat Al-Fatihah November 14, 2014

Filed under: alquran — ayunp @ 2:23 pm
Tags: , , , , ,

*dirangkum dari kajian tafsir Alquran yang diberikan Dr. Amir Faisol Fath

“Dan sesungguhnya Kami telah berikan kepadamu tujuh ayat yang dibaca berulang-ulang (Al Fatihah) dan Al Quran yang agung.”(QS Al Hijr:87)

>> Mengapa Allah menjadikan Surat Al-Fatihah sebagai surat pertama/pembuka dalam Alquran?
•di dalam Al-Fatihah terangkum semua isi Alquran
•surat-surat setelah Al-Fatihah adalah penjelasan dari surat Al-Fatihah

>>Mengapa Al-Fatihah tidak dapat mengubah seseorang menjadi lebih baik?
karena Al-Fatihah hanya dijadikan ritual, tidak dijadikan sebagai prinsip hidup

>>Prinsip-prinsip dalam Surat Al-Fatihah

1.Bacalah Bismillah dalam setiap perbuatan

Setiap perbuatan dilakukan atas nama Allah, bukan atas nama pribadi atau atas nama nafsu.

Dalam sebuah hadits, Rasulullah bersabda,”Setiap perkara yang tidak diawali dengan Bismillah akan terputus.”

Keutamaan mengucap Bismillah:
a. terhindar dari dosa
b. perbuatan diberkahi Allah
c. akan mendapat penjagaan Allah
d. perbuatan akan bernilai ibadah di sisi Allah

2. Bersyukurlah selalu kepada Allah
Syukur :menggunakan nikmat sesuai dng keinginan yg memberi dan sesuai dng fungsi&tempatnya

3. Berprasangka baiklah selalu kepada Allah
Beriman kepada takdir Allah karena apa yang Allah berikan kepada kita semuanya baik

4.Jadikan akhirat sebagai tujuan
Dunia diambil sesuai kebutuhan dan dunia adalah sarana menuju akhirat.  Kejarlah akhiratmu, tapi jangan lupa duniamu (Al Qashash:77)

5.Jadikan hidupmu untuk ibadah.
Mengetahui cara untuk mengisi waktu dengan kebaikan

6. Komitmen di atas jalan yang lurus
Jangan jd seperti lalat yang bisa ‘nemplok’ dimana saja, baik di tempat yg baik maupun tempat yg buruk. Jadilah seperti lebah yang hanya suka tempat yg baik dan menghasilkan yg baik.

7.Belajarlah dari sejarah Nabi, sahabat Rasul,para ahli surga, serta kaum terdahulu yg mendapat adzab

Wallahu a’lam

 

Alhamdulillah^^ November 7, 2014

Filed under: Hikmah — ayunp @ 10:51 pm

image

Bisa diberikan Allah kesempatan untuk menjadi pembina kalian adalah suatu hal yang patut disyukuri. Motivasinya bukan materi, tapi hubungan kekeluargaan yang akrab. Ini rahasianya…

Itulah (karunia) yang (dengan itu) Allah menggembirakan hamba-hamba-Nya yang beriman dan mengerjakan amal yang saleh. Katakanlah: “Aku tidak meminta kepadamu sesuatu upahpun atas seruanku kecuali kasih sayang dalam kekeluargaan”. Dan siapa yang mengerjakan kebaikan akan Kami tambahkan baginya kebaikan pada kebaikannya itu. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.

Semoga kita bisa menjadi sahabat dunia akhirat ya 🙂

 

Selamat Menempuh Amanah, ROHIS 34 2016… November 4, 2014

Filed under: cerita da'wah sekolah — ayunp @ 3:19 pm
Tags: ,

IMG_8155559869195

Waktu terus berjalan. Kini tiba saatnya tongkat estafet kebaikan itu beralih. Dan akhirnya Allah takdirkan, ROHIS 34 2016 yang menerimanya…

Langkah-langkah ke depan tentunya lebih berat. Namun yakinlah bahwa semua bisa dijalani dengan pertolongan Allah. Teruslah berusaha, berdoa, dan bertawakkal kepadaNya, agar Islam bisa tegak di sekolah kita tercinta, SMAN 34.

Untuk memulai langkah-langkah itu, mulailah dari perencanaan yang matang. Setelah itu, berusaha mewujudkan perencanaan tersebut ke amal nyata. Selama mewujudkan amal tersebut, jangan segan untuk saling mengingatkan dalam bingkai kebenaran dan kesabaran. Setelah amal tersebut selesai dilakukan, periksalah kembali. Apakah amal tersebut sudah sesuai dengan yang direncanakan, apakah amal tersebut telah berlangsung secara efektif, dan seterusnya…

Lebih lanjut, teruslah berusaha memperbaiki hubungan dengan Allah dan sesama. Berusaha untuk menjaga target dan kualitas ibadah harian, terutama salat dan tilawah Alquran. Berusaha untuk menjaga kehadiran dalam halaqoh setiap pekannya sebagai sarana penguat ruhiyah dan ukhuwah. Berusaha untuk mengenal, memahami, dan menolong satu sama lain. Berusaha untuk sabar, lapang dada, dan berprasangka baik pada saudara-saudarinya…

Semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala senantiasa membantu dan menguatkan adik-adik ROHIS 34 2016. Teruslah bersemangat karena kalian sudah berada di jalan yang benar, insya Allah. Jalan Allah memang berliku, tapi ia tak akan pernah keliru…

Lillah..Fillah..Billah

Sepenuh cinta,

@ayu_np
Rohis 34 2007

 

Terima Kasih ROHIS 34 2015 :)

Filed under: cerita da'wah sekolah — ayunp @ 2:18 pm
Tags: , ,

‘Main’ sama anak-anak ROHIS lagi? Kenapa nggak? Itu yang terjadi di bulan Juli 2012, tepatnya di bulan Ramadhan. Pertama kali bertemu sama ade-ade yang tanpa ragu memberikan pilihan ‘ikut ROHIS’ di formulir yang harus diisi sama murid baru 34. Daaan saat itu pula jadilah mereka bagian dari ‘ROHIS 34 2015’. Hmm, kalau saya angkatan 2007, berarti jarak umur antara saya dan mereka lumayan jauh juga, 8 tahun! Tapi lanjuut aja dah…Bismillah bisa!

Dan akhirnya bener kok, bisa! Menjadi bagian dari mereka bukan hanya terbatas pada pertemuan pekanan setiap Jumat yang disebut #Melingkar. Tapi lebih dari itu… Saya harus ikut serta dalam setiap agenda yang mereka lakukan. Dan salah satu agenda yang harus saya ikuti adalah pemilihan ketua ROHIS 34 dan Kaputnya…

IMG_20140405_154516

Singkat cerita, akhirnya terpilihlah Ketua ROHIS 34 dan Kaput yang baru di bulan Oktober 2013 setelah melalui proses yang lumayan panjang. Dan setelah itu, terbentuklah BPH dan staf-stafnya. Wuih, senang melihat ade-ade yang awalnya masih ‘lucu-lucu’ itu berkembang, belajar menjadi pemimpin. Bukan pemimpin biasa, tapi pemimpin untuk menegakkan Islam di 34! Bersyukur bisa menjadi bagian dari mereka. Bersyukur bisa menjadi bagian dari ROHIS 34 2015!

Bersama ROHIS 34 2015 memang banyak dinamika. Saya sudah ‘kenyang’ dicurhatin. Hehe… Namun demikian, saya melihat banyak kekuatan di sana. Ikhwan dan akhwat yang kompak namun berusaha tetap menjaga adab dalam berinteraksi. Ada usaha untuk berinovasi dalam membuat program, misalnya aplikasi android timeschedule ROHIS, training wirausaha, lomba desain poster untuk publikasi Tafakur Alam, menghidupkan kembali nasyid, daan sepertinya masih banyak lagi (maaf gak hafal^^). Ada juga semangat untuk mengisi ruhiyah dalam #Melingkar setiap pekannya…

Selain itu, beberapa hal ‘spesial’ yang saya dapatkan terkait kebersamaan saya dengan ROHIS 34 2015. Pertama, terkait passion saya dalam Dakwah Sekolah. Saya sudah lebih dari tiga tahun bantu-bantu di 34, tapi baru merasa mendapat passion itu di tahun 2012 sampai sekarang. Dan passion itu saya dapatkan bersama ROHIS 34 2015! Kedua, sadar akan kesalahan yang lalu. Saya menyadari kalau di tahun-tahun yang lalu ada kesalahan yang saya lakukan, yaitu tidak berusaha disiplin untuk meluangkan waktu berkontribusi maksimal di 34. Dan Allah memberikan saya kesempatan untuk memperbaikinya bersama ROHIS 34 2015. Allahu Akbar!

IMG_6425420153022

Di akhir tulisan ini, saya ingin mengucapkan terima kasih untuk ROHIS 34 2015. Semoga Allah menerima semua amal kebaikan kalian dan memaafkan serta memperbaiki hal-hal yang masih kurang. Semoga Allah memberikan kesempatan untuk tetap berkontribusi walau sudah ‘lulus’ jadi BPH dan staf di periode ini. Kembali lagi untuk membantu adik-adiknya menegakkan Islam di 34. Dan satu hal, tetap istiqomah #Melingkar setiap pekan, jangan putus seumur hidup…Semoga kebersamaan kita abadi hingga di surgaNya. Aamiin Yaa Rabbal ‘Alamiin…

Lillah… Fillah… Billah…
Sepenuh cinta,
@ayu_np
ROHIS 34 2007

 

Oktober 12, 2014

Filed under: Puisi — ayunp @ 1:00 pm

“Tiga perkara yang apabila terdapat dalam diri seseorang maka ia akan merasakan manisnya iman; hendaknya Allah dan RasulNya lebih ia cintai dari selain keduanya; Ia mencintai seseorang, yang mana ia tidak mencintainya kecuali karena Allah; dan ia membenci kembali dalam kekafiran -setelah Allah menyelamatkan darinya- sebagaimana ia membenci untuk disiapkan tempat dari neraka dan dilemparkan ke dalamnya.”
(HR Bukhari)

Alhamdulillah, senang melayanimu, para akhowat sholihah, untuk semakin mencintaiNya…

(Sangga Buana- 17 Zulhijjah 1435 H)

View on Path